Keseimbangan belajar dan bermain menjadi fondasi utama kesuksesan akademik dan non-akademik siswa. Tim cheerleaders SMPN 10 Surabaya membuktikan hal ini dengan meraih juara kedua The A Team Cheerleading Cup 2025 Jawa Timur kategori Freestyle Pom Youth Junior. Pencapaian gemilang ini menunjukkan bahwa aktivitas olahraga dan seni dapat berjalan seiring dengan prestasi akademik yang baik.
Pengalaman nyata dari tim cheerleaders tersebut memperlihatkan bagaimana keseimbangan antara akademik dan ekstrakurikuler menciptakan siswa yang berprestasi. Mereka berlatih cheerleading secara rutin sambil tetap mempertahankan nilai akademis yang memuaskan. Proses ini mengajarkan manajemen waktu yang efektif serta disiplin diri yang kuat. Consequently, siswa-siswa ini berkembang menjadi individu yang lebih terorganisir dan bertanggung jawab.
Kegiatan bermain dan olahraga seperti cheerleading memberikan manfaat signifikan bagi perkembangan karakter siswa. Selain melatih keterampilan fisik, aktivitas ini juga mengembangkan kemampuan kerjasama tim yang sangat berharga. Moreover, keterlibatan dalam kompetisi mengajarkan siswa untuk menghadapi tekanan dan tantangan dengan percaya diri. Hal ini sejalan dengan pendekatan pembelajaran yang diterapkan di SDN Barujati, dimana pengembangan karakter menjadi prioritas utama.
Implementasi keseimbangan belajar dan bermain memerlukan strategi yang terukur dan dukungan penuh dari pihak sekolah. SMPN 10 Surabaya telah membuktikan komitmennya dengan memberikan fasilitas dan pembinaan yang optimal bagi siswa-siswinya. Additionally, dukungan orang tua dan guru menjadi faktor krusial dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pertumbuhan holistik siswa. Therefore, kolaborasi semua pihak menghasilkan prestasi yang membanggakan dan membentuk generasi yang unggul.
Comments are closed